Chabatz d’Entrar

Cahbatz d'Entrar

Sirkus kontemporer ini mengambil judul Di Sini, Sekarang dan Di Sana! Kali ini Chabatz d’Entrar bekerjasama dengan seniman Indonesia, yaitu Wanggi Hoediyatno dan Permata Andhika Raharja. Sedang dari Prancis yaitu Anne Keller, Damien Caufepé, dan sang leader yaitu Olivier Léger. Musik latarnya didaulatkan kepada duo elektro-pop dari Bandung yaitu Bottlesmoker, meskipun kenyataanya Bottlesmoker tidak hanya mengurusi musik latar tetapi mereka juga turut tampil ke panggung menggunakan egrang dan bermain bambu.

Pementasan Chabatz d’Entrar kali ini terdiri dari 8 sequence dalam durasi kurang lebih satu jam. Damien dalam bahasa Inggis yang terbata-bata mengungkapkan bahwa selama berpentas dalam gedung Concert Hall TBY tersebut ia mengalami kesulitan melihat reaksi penonton. Pertunjukan tersebut hampir keseluruhannya menggunkan mimic wajah sebagai isyarat sedangkan penonton terlalu jauh, dan terkonsentrasi di satu sisi dan duduk di kursi, ia ragu apakah penonton dapat melihat perubahan mimic yang mereka tampilkan dan dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan.

Salah satu duo Bottlesmoker yang diwawancara mengaku bahwa dalam menggarap kolaborasi ini mereka mengalami masa karantina selama kurang lebih 2 bulan. Ia mengaku senang, karena Bottlesmoker dibebaskan dalam membentuk musik latar tersebut, meskipun akhirnya di share dan kembali di sesuaikan mereka tetap memiliki kebebasan dalam menggunkan imajinasinya dalam mengolah karyanya. Ia juga belajar menggunakan egrang selama sebulan, dan akhirnya berhasil tampil selama beberapa menit dengan selamat di atas egrang setinggi 90cm, meskipun sebenarnya mengaku masih takut.

Setelah Jogja rencananya mereka akan ke Vietnam dan Timor Leste lalu melanjutkan sisa tur di beberapa kota di Indonesia. Sedangkan Bottlesmoker sendiri berencana untuk merilis musik yang mereka garap tersebut sehingga bisa dinikmati lebih banyak orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: