Penutupan Earthernity Fest

Efek Rumah Kaca

Penutupan earthernity fest dihelat pada malam 2 Juni 2013. Entah kenapa band-bandnan itu seringnya malam dan ramenya kalau malam juga, padahal kalau siang bisa hemat lampu dan listrik. OK, tidak usah bahas listriknya, jensetnya, ataupun solarnya, kebetulan juga tidak difoto.

Masuknya bayar 25 ribu disuguhi teh botol, dua yang saya ingat Aurette and The Polska Seeking Carnival dengan vokalisnya yang menawan kemudian oleh Efek Rumah Kaca dan pandai besinya, tapi sebelumnya banyak band seleksi yang telah lebih dulu tampil tapi tidak terperhatikan karena lama ngantri di toilet.

Nonton gigs sendiri sebenarnya tidak sedemikian mengerikan jika memang berminat dan menikmati, karena biarpun beramai-ramai seseorang tetap saja menikmati dan mengolah apa yang dihadapinya secara personal, larut dalam hingar bingar, menjadi sentimentil, menyadari kesepiannya, atau justru merasa sama sekali terpisah dengan situasi yang dihadapinya. Tapi baiklah, saya memang hanya menghibur diri sendiri karena teman sepenikmat gigs yang biasa berdiri dari satu depan panggung ke depan panggung yang lain dengan terpaksa tidak dapat turut menutup akhir pekan di tempat yang sama.

Aurette and the Polska Seeking Carnival baru pertama saya saksikan, sedangkan Efek Rumah Kaca yang lengkap dengan pandai besi memang baru pertama tampil di Yogyakarta. Berbeda band, berbeda personil, beda karya, meskipun banyak diantaranya akhirnya dikelompokkan dalam mahzab-mahzab dan gaya akhirnya sentuhan personallah yang tetap membedakannya dari genre-genre dan gaya yang serupa.

Saya tak punya referensi bagus tentang musik untuk mengulas, paling penting gunakan nalar dan perasaan, setiap orang pasti punya pandangan sendiri lepas dari macam-macam alirannya. Saya hanyalah pembuat cendera mata yang kebetulan berdiri di bawah panggung, dan memperbudak perangkat elektronik untuk menjadi pekerja saya, lalu memamerkannya di sini. Selamat menyimak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: