Melancholic Bitch di Penutupan sepekan Arsitektur UAJY

IMGP0798

Saya tidak akan membahas tentang musik mereka karena jelas saya bukah ahlinya. Seperti kebanyakan hal lain musik itu selera, dan saya tidak akan mencekoki seseorang dengan selera tertentu, itu personal.

Saat saya memotret acara tersebut yaitu tanggal 12 Mei 2013 dan menghabiskan memori sebanyak 3,5 giga, seminggu sebelumnya yaitu tanggal 6 Mei 2013 saya juga nonton melbi dengan Sarita Fraya dan Risa Saraswati yang bertajuk Mitos Melankolia saat itu saya memakai memori kamera 2,5 giga. Ya ampyun Si Ugo, vokalisnya melbi masih sama, mukanya sama, matanya sama, dibingkai dengan kaca mata yang sama, kaos, blazer, celana, sepatu, jam tangannya juga sama, dan daftar lagu yang dinyanyikan juga sama.

Seorang teman berbisik membela Ugo, “Itu tuh pakaian tempurnya, waktu di Jogja Nasional Museum juga pake setelan itu kan,” dan yang mau menghargai personalnya seleralah yang mau mengerti, atau setidaknya mencoba mengerti, termasuk urusan ganti atau tidak ganti baju.

Bosan? TIDAK. Ada euforia yang membuat saya semacam kecanduan, dan memotret Ugo yang berkostum sama pun merupakan kesenangan tersendiri. Bahkan saya berharap masih bisa menyaksikannya lagi dan lagi dan lagi entah berapa banyak lagi kata lagi. Karena memiliki kesempatan lebih dari sekali kadang adalah sebuah anugerah, saya bisa memperbaiki pemahaman saya sebelumnya, merevisinya, menambahinya, mempertanyakannya, atau justru membuangnya. Balada Joni dan Susi pun mungkin juga akan berubah tafsiran karena jaman, atau akhirnya ada kesadaran bahwa jaman tak pernah berubah, bahwa batiniah manusia tak pernah tersentuh kemajuan, dan Balada Joni dan Susi yang dulu, adalah sama dengan yang sekarang, juga nanti. Siapa tahu.

Leave a Reply

