Pray

Sometimes pray is just like a blur photograph, but sometimes is really help.

Do you pray? Do I really pray? Oh my God do I pray? Are people pray or they

just grumbling? they pray or just politeness?

Do I care? Really?

Pada akhirnya semua yang berpikir tahu bahwa doa tidak mengubah keadaan, dan akhirnya juga tahu bahwa keadaan tidak berubah hanya karena seseorang berdoa. Seseorang, doa, dan keadaan bisa berubah. Bahkan selalu. Perubahan, seseorang, keadaan, dan doa beriringan, meski sedang tak saling peduli tak saling mengerti.

Dan masih saja berdoa? Melihat keadaan berdoa, melihat diri sendiri berdoa, melihat orang lain berdoa, tidak melihat juga berdoa. Masih yakin itu doa?

Masih yakin itu doa? Saat dilanda duka berdoa, dilanda bencana saat resah dalam bingung pun berdoa, saat murka tak luput mengucap serapah yang semacam doa.

Seandainya doa bisa menggugat balik para pengucapnya akankah dia merasa dimanfaatkan oleh para politikus, para pengemis, para anak kepada orang tuanya, para orang tua kepada anaknya, para sales kepada pelanggannya, rumah sakit kepada pasiennya, kepada semua yang memakai doa tidak untuk berdoa, tidak benar-benar berdoa, tidak tahu untuk apa berdoa, juga padaku jika dianggap menghlang-halangi mereka yang ingin berdoa.

Sebelum berdoa lagi maka ingatlah bahwa doa tidak mengubah keadaan, jadi kalo berdoa supaya keadaan seperti yang dimau lalu kemudian tak ada keadaan berubah bahkan tak ada yang perlu diubah, mungkin saja itu bukan tentang doa bukan pula tentang keadaan, hanya tentang seseorang dalam perubahan serta hubungan diantara keduanya, maka bersiaplah kecewa.

Mengapa ada yang kecewa dengan doanya? Yang kecewa itu biasanya yang meminta. Lalu? Teruslah berdoa, dan sedikitkan meminta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: