Jalur SMP

Teringat lagi dulu saat aku adalah pejuang. Bangun jam lima untuk menembus hutan sejauh 4 kilometer hingga bertemu aspal. Berdesakan di bis pagi untuk mencapai sekolah. Lalu apel di halaman pukul 06.45, baru kemudian pelajaran dimulai.

Sesuatu yang disebut dengan pendidikan itu diperoleh dengan kesulitan. Empat kilometer jalan kaki, 7km berdesakan di bis. Sepatu tebal oleh tanah, sedikit kumal dan kampungan, dan tidak tahu ada google.com.

Lupa peer atau tugas masih cukup wajar karena kadang terlalu lelah untuk tetap mengingat segala hal dalam pikiran yang longgar dan nafas yang lega. Dan aku tetaplah pejuang yang turun bukit untuk mendapat sesuatu yang disebut pendidikan.

Pagi masih berkabut, embun masih melekat tebal di rerumputan. Kutemukan juga pecteilis suszanae kala musim hujan. Sebagai imbalnya jeblok sepatu makin tebal. Persis petani yang meladang seusai hujan. Tapi aku pejuang.

Perjalanan tadi pagi pagi sedikit mengembalikan masa itu ke ingatan. Bahwa aku penah jadi bocah gunung yang pintar, bersemangat. Sekolah pagi-pagi dan membantu orang tua. Bukan anak sekarang yang manja dan kebanyakan menuntut dan tak bisa lagi jadi penurut. Mudah marah dan mengeluh.

Pagi dingin ini, berkabut, dan berpikir tak usah mandi, tak perlu gosok gigi. duduk saja di meja dapur dan nikmati kopi. Tapi aku sudah harus pergi ada pekerjaan menanti. Ini terlebih lagi bukan soal gaji. Rasa malas begitu membebani. padahal ini hanya terjadi sekali-kali.

Dua belas tahun lalu, semua terjadi enam kali seminggu, menembus hutan yang masih berkabut dan tebal embun karena matahari masih tersangkut di balik bukit gunung api purba.

Dua belas tahun, saat aku berada di angka 13, dan apakah pejuang itu akan berakhir sebagai pecundang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: