Tempat bertanya? Rasa

Jika kau tak bisa menikmati lagi makanan yang kau suka mungkin engkau sedang depresi atau tidak bersukur.

Kemampuan mengecap adalah salah satu kenikmatan paling dasar yang langsung terasa. Anugrah Ilahiah yang maha dahsyat. Dalam situasi normal lidah lebih tahu apa yang dia inginkan daripada pikiran kita sendiri. Kadang jumawa dan ngotot minta dituruti.

Beberapa waktu lalu saya hanya bisa makan makanan yang mengenyangkan perut, jauh sekali dari hasrat akan selera tapi akhirnya selama di rumah bisa membuat makanan sesuai derajat selera sendiri, tumis dengan banyak cabe dan bawang,  ayam kemangi, ayam goreng tepung, perkedel tahu tempe,  semuanya tanpa bumbu instan.

Bumbu instan adalah gaya modern yang memangkas rasa, ia menjadikan rasa cenderung monoton dan semakin lama menjadikan lidah miskin pengalaman. Makanya kesempatan masak sendiri adalah pelajaran mengolah rasa. Mejadikan proses sesuai dengan hasil yang diinginkan. Seseorang yang punya selera mestinya mampu mengulang-ulang proses yang sama untuk menghasilkan rasa yang konstan.

Warna warni lampu restoran atau geliat iklan bisa saja menipu selera. Geliat tren dan iklan bercampur watak pamer serta hedonis menarik makhluk-makhluk menyedihkan untuk duduk dengan bangga dan penuh kepuasan, mungkin mereka lupa bertanya yang lidah mereka mau.

Jangan khawatir dengan trend yang lain jalur dengan selera selama wajahmu percaya diri tak ada yang tau apa evaluasi lidahmu. Toh rasa sudah jadi trend fashion tak ada masalah selama kau mampu mambayarnya. Rasa itu nomor 6.

Jika kau memang tipe yang ‘sulit’ dalam urusan makanan atau hanya bicara untuk mencela, cobalah untuk mengurangi asupan makanan seama beberapa waktu dan cermati apa yang terjadi pada pikiran juga indera perasamu.

Beruntunglah yang tak perlu meributkan lampu warna warni rumah makan ataupun bentuk piringnya. Rasa adalah soal identitas. Menipu selera sendiri? So that you are. Jika masih ragu tanyakan pada rasa, pastikan ia tidak bohong padamu seperti kau membohongi diri sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: