Yudhistira (1)

Aku selalu saja dibisiki Yudhistira, Yudhistira.  Kukira hanya sebuah nama. tapi sebuah nama pun memiliki arti yang kadang artinya sendiri lebih luas dari yang mampu seseorang ungkap dan mengerti. Jadi apa maksudnya Ydudhistira, Yudhistira ini.

Aku berharap aku adalah gadis biasa. Menghayalkan seorang gadis biasa yang lucu, cupu tiba-tiba memilki kemampuan indigo lebih mirip dongeng atau film jepang yang mendadak jadi kamen rider atau ultraman. Tak peduli Walt Disney bilang apa yang dapat diimijinasikan itu bisa diwujudkan tapi aku mengimajinasikan diri jadi indigo pun tak ingin.

Bagaimana jika seorang gadis pemberontak, labil, tapi punya cita-cita dan sudut pandang sendiri tiba-tiba dibisiki sebuah kata yang dia tahu betul itu bukan nama. Kemungkinanya adalah dia memberontak seperti sifatnya, menganggapnya sebagai fatamorgana saja tidak mengikuti bisikan itu, atau menghubungkannya dengan logika dan pengetahuan dan berlari mengejarnya sampai keliling bumi 7 kali.

Aku sendiri lebih suka Yudhistira hadir sebagai makna daripada sebagai sosok. Membayangkan seseorang yang sempurna muncul dari kegelapan dalam keadaan bercahaya seperti seseorang yang tak mau berusaha tapi mengharapkan datangnya pahlawan.

Lalu makna apa yang diusung oleh Yudhistiraku ini. Dia datang di desir angin yang tak nyata, -telingaku tertutup helm waktu itu- menanyakan arti Yudhistira padaku? Artinya aku merindukannya.

Merindukan apa, sosok atau maknanya. Ah sepertinya keduanya tak tergenggam. Mungkin karena tak tergenggam makanya aku rindu. Karena rindu membuatku ingin mencari. Karena ingin mencari makanya aku mesti bersiap dengan berbagai kemungkinan.

Hari ini satu langkah pun belum kumulai. Ada hasrat ingin tahu, tapi ada hasrat untuk mepertahankan diri. Sebenarnya aku siap untuk transform seperti Kamen Rider. Tapi aku tak suka menjadi tangguh karena berubah kostum. Menjadi bukan siapa-siapa tanpa topeng itu.

Sudahlah, biar saja dia menjadi misteri untuk hari ini karena mungkin ia akan kehilangalan maknanya jika diartikan terburu-buru.

Yudhistira adalah prosesku. Hari ini mulai.

Leave a Reply

