(Re)Konstruksi

Bgaimanapun penyataanku nanti tidak bisa dinyatakan benar-benar  benar. Ini hanyalah sedikit menelusuri beberapa kish yang tersendat karena pengakuan yang berbeda. Au tidak ingin disalahkan seorang diri atas semua ini dan aku juga tidak ingin menyalah seseorang berlebihan hanya karena dugaan-dugaan yang aku sendiri tidak tahu pasti kebenarannya.

Pada suat ketika aku datang dalam kehidupan seseorang, beberapa saat seletah itu banyak hal berantakan.Pada Ketika yang lain aku ingin membereskannya, tapi menurut seseorang apapun takkan menjadi beres jika aku yang melakukannya.

Fitnah

Hari itu pig (babi) mengjak Joko teman pacarnya janjian untuk diinterogasi tentang keberadaanku, siapa aku, bagaimana aku, seberapa dekat dengan pacarnya. Bertanya seolah Joko harus memberikan semua laporan detail informasi kepadanya. Pig berhak mencari tahu, tapi caranya bertanya mengandung tuduhan bahwa Joko adalah penghianat.

Persaan tak enak menghampiri Joko. Ia tak suka ikut-ikutan urusan orang, tiba-tiba diiterogasi mengenai hal yang tak ingin ia bicarakan. Pig terus mendesak, pig berhak tahu. Tapi mengapa mengapa ia bertanya seolah Joko membiarkan, mendukung, sekaligus menutup-nutupi apa yang terjadi.

Beberapa hari kemudian tersebar cerita bahwa Joko yang mengajak pig ketemu untuk mengatakan semua karena dia tidak tega melihat pig dibohongi. Hidup memang kejam Joko, sudah diinterogasi seperti maling masih dituduh bahwa kau yang ingin bercerita. Pasangan kacau itu memang pendendam, yang perempuan mengatakan itu untuk melindungi diri sekaligus membalas karena kau tidak bercerita sebelumnya, yang laki-laki menyalahkan mengapa kau bercerita.

Tuduhan tak Berdasar

Selanjutnya Suci dicemburui. Kecemburuan yang menyebalkan. Mungkin ia cemburu pada segala hal yang diperhatikan oleh pacarnya. Bahkan jika pacarnya memberi makan ssekor anjing pi g juga akan cemburu.

Suci pun akhirnya dinyatakan sebagai penghubung antara aku dan pacarnya. dalam hal ini aku merasa direndahkan. Apakah aku nampak tak tahu arah sehingga mesti dihubungkan oleh orang lain atau aku terlihat butuh makelar. Jika hp Suci dipakai oleh pacarnya mengapa bukan pacarnya yang disalahkan tapi orang lain. Kukira jika pacarnya membeli hp 1 lagi dan dipakai untuk menghubungiku pig akan gantian bilang bahwa Suci tidak mencegah maupun melaporkannya pada pig. Tetap saja disalahkan.

Orang-orang yang Dikorbankan

Akhirnya Joko pergi dengan suka rela. Mejadi penghianat bukan tujuannya, tapi untuk meluruskan sepertinya percuma. Suci diusir seperti anjing. Setelah itu masih dituntut permohonan maafnya. Alangkah lucunya pig, juga menyedihkannya, ia tak tahu dimana posisinya.

Pasangan yang sepertinya tidak punya niat baik untuk menjalin kembali silaturahmi. Yang perempuan bangga mendapatkan pacarnya kembali yang lelaki diam tak mau merekonstruksi, Tak meminta maaf kepada kawan-kawan yang dikorbankan.

Pelarian Diri

Aku kembali pada hidupku sedangkan orang lain masing-masing melanjutkan kehidupannya. Sedangkan pada beberapa memang tak ada yang kembali.

Mengutip kata-kata dalam dalam Fast and Furious Tokyo Drift, ‘kadang kita mesti mengorbankn sesuatu untuk mengetahui bagaimana orang itu sesungguhnya.”

Pada akhirnya saya ditunjukkan bagaimana orang-orang di sekitar saya. Lelaki yang janjinya seperti oase gurun pasir tapi ternyata hanya cari aman. Perempuan yang begitu mengasihani dirinya, sehingga merasa berhak atas kebahagiaan orang lain sampai-sampai tak peduli berapa banyak korbannya. Orang-orang yang mals memperpanjang urusan, memendamnya dalam hati dan siap meledak setiap saat. Aku sendiri, masih memedam kemarahan. Kecurangan sangat menyebalkan.

Leave a Reply

